Mengamalkan Jabatan dengan Sebenarnya untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Mengamalkan Jabatan dengan Sebenarnya untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

ASKARA – Seorang pemimpin harus dapat mengamalkan jabatan untuk mengangkat kehidupan masyarakat dari jurang kesenjangan sosial yang dalam. Untuk itu memerlukan kesungguhan dan tekad yang kuat.

Sebagai pemimpin harus memahami dengan mendalam masalah kesenjangan sosial dan isu-isu yang dihadapi oleh masyarakat yang dilayani. Berinteraksilah secara aktif dengan masyarakat untuk mendengar masukan dan keperluan mereka.

Jadilah pemimpinan yang dapat memberi teladan dengan menunjukkan komitmen dan integritas dalam menjalankan jabatan. Pastikan semua lapisan masyarakat, termasuk yang paling terpinggirkan, terlibat dalam proses pengambilan keputusan dan manfaat dari program-program sosial.

Ingatlah bahwa perubahan sosial memerlukan waktu dan upaya yang berkelanjutan. Dengan tekad yang kuat dan komitmen, seorang pemimpin harus dapat membantu mengurangi kesenjangan sosial dan meningkatkan kehidupan masyarakat.

Amalkan jabatan dengan sesungguhnya untuk mengangkat kehidupan masyarakat dari jurang kesenjangan sosial yang dalam, sehingga luputkan kaum itu terbebas dan selamat dari beban sosial yang sangat berat yang selama ini dipanggul, sehingga mencapai puncak pengharapan manusiawinya yang bertahun-tahun sulit dicapai karena multi keterbatasan yang dimiliki.

Ketahuilah bahwa jumlah komunitas kaum tersebut tidaklah sedikit. Oleh karena itu, marilah sebagai sesama kaum dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, kita tingkatkan sikap welaskasih meringankan beban kaum kebanyakan itu.

Dengan penuh keluhuran, menjamah hatinya dengan penuh kasih, agar sesama kaum yang masih bermasalah secara sosial di sekitar kita bisa kuat menapak langkah ke titik tuju, sehingga selanjutnya tidak tertinggal dari kaum yang lain dalam menggapai wujud diri sebagai insan bermartabat yang berkecukupan.

Seperti sesama kaum lainnya di mana di suatu saat nanti dapat hidup gemilang di satu negeri dengan bahagia secara setara, yang untuk seterusnya beriringan melangkah bersama mengikuti perjalanan zaman dengan senyuman bahagia dan tawa ria yang lepas sepanjang masa.

Johanes Gluba Gebze

Sang Pamong Masyarakat Papua Selatan

Editor: Theo Agoy