PM Singapura Lee Hsien Loong Memberikan Selamat kepada Prabowo karena Memimpin pada Quick Count Pemilu 2024

PM Singapura Lee Hsien Loong Memberikan Selamat kepada Prabowo karena Memimpin pada Quick Count Pemilu 2024

JAKARTA, Fraksigerindra.id — Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengucapkan selamat via telepon kepada calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto yang unggul dalam quick count hasil pemilu 2024.

Selain itu, keduanya juga sempat membahas peningkatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Singapura.

“Lee dan Prabowo membahas hubungan bilateral yang sangat baik”, kata sekretaris pers Perdana Menteri Chang Li Lin, seperti dilansir CNA.

“Para pemimpin juga sepakat mengenai pentingnya mengidentifikasi bidang kerja sama baru dan saling menguntungkan,” tambahnya.

Selain Prabowo, Lee juga menelepon Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan mengucapkan selamat atas kesuksesan penyelenggaraan pemilu di Indonesia.

“Selama masa jabatan mereka, PM Lee dan Presiden Jokowi memperkuat hubungan erat antara Singapura dan Indonesia melalui penyelesaian masalah bilateral yang sudah berlangsung lama, dan memetakan bidang kerja sama baru di bidang keberlanjutan, ekonomi digital, dan pengembangan sumber daya manusia,” lanjut Chang.

Sebelumnya, dalam kapasitasnya sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo pernah melakukan pertemuan dengan PM Lee pada 11 Juni 2022.

Dalam pertemuan tersebut, Menhan Prabowo menyampaikan penghargaan kepada PM Lee Hsien Loong atas perannya dalam mendorong peningkatan kerja sama pertahanan kedua negara.

“Kami mendukung sepenuhnya agar kerja sama pertahanan yang kuat antara Indonesia dan Singapura dibangun dengan mematuhi prinsip-prinsip kesetaraan, saling menguntungkan dan penghormatan penuh terhadap kedaulatan, wilayah, dan hukum internasional,” ujar Menhan Prabowo saat itu.

Hasil perhitungan cepat atau quick count pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) peserta Pilpres 2024 masih terus berlangsung.

Sebagaimana dari keterangan yang diterima, hasil sementara quick count dari sejumlah lembaga hingga Selasa (20/2/2024), pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul.