Pembangunan RS Pusat Pertahanan Negara dan 25 RS TNI Selesai, Prabowo: Berdampak Positif bagi Masyarakat secara Umum

Pembangunan RS Pusat Pertahanan Negara dan 25 RS TNI Selesai, Prabowo: Berdampak Positif bagi Masyarakat secara Umum

JAKARTA, Fraksigerindra.id — Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto telah menyelesaikan pembangunan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman bersama dengan 25 RS TNI lainnya secara bersamaan yang diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo di RSPPN, Jl. RC. Veteran Raya No.178, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, pada hari Senin (19/2).

Prabowo langsung melaporkan progres tersebut kepada Jokowi setelah mengunjungi RSPPN Panglima Besar Soedirman. Sebelumnya, Prabowo menginformasikan bahwa sebanyak 26 RS baru telah diresmikan pada tahun 2023.

Pada hari ini, 20 RS lainnya juga diresmikan di mana termasuk 11 Rumah Sakit TNI Angkatan Darat, 3 Rumah Sakit TNI Angkatan Laut, dan 6 Rumah Sakit TNI Angkatan Udara.

“11 RS TNI AD berlokasi di Pangkal Pinang, Padang, Aceh, Atambua, Bima, Gorontalo, Mamuju, Tanjung Selor, Samarinda, Manokwari, dan Sorong. 3 RS TNI AL di Pontianak, Padang, Sorong. 6 RS TNI AU di Solo, Malang, Madiun, Subang, Bandung, dan Pekanbaru,” ujar Prabowo

Prabowo berharap dengan dibangunnya seluruh Rumah Sakit tersebut di sekitar pangkalan TNI dan pemukiman penduduk, akan memberikan manfaat bagi Prajurit TNI dan juga melayani masyarakat umum.

Dengan diresmikannya Rumah Sakit-rumah Sakit ini, Jokowi memberikan apresiasi kepada langkah yang diambil oleh Menhan Prabowo. Jokowi juga berharap rumah sakit yang telah dibangun ini dapat menjadi tempat yang tanggap dalam menghadapi bencana seperti yang terjadi selama Pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid-19 telah mengajarkan kita akan pentingnya memiliki fasilitas kesehatan yang lengkap, serta SDM dan fasilitas yang memadai untuk menanggulangi situasi darurat kesehatan seperti yang kita alami. Oleh karena itu, saya mengapresiasi pembangunan RSPPN dan 25 RS lainnya yang diinisiasi oleh Kemhan,” kata Jokowi