Berikut adalah Daftar 25 Kelurahan yang Rentan Terkena Banjir di Jakarta

ASKARA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, mengungkapkan bahwa tujuh ruas jalan di Jakarta tergenang, pada Jumat (12/4) pukul 18.00 WIB.

“Hujan yang melanda wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya menyebabkan banjir terjadi di tujuh ruas jalan,” kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji kepada wartawan di Jakarta.

Isnawa merinci tujuh ruas jalan itu, yakni Jalan Raya Gereja Tugu, Semper Barat, Cilincing

(Jakarta Utara) dengan ketinggian air 10 centimeter (cm).

Lalu, Jalan Rawa indah, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading (Jakarta Utara) dengan ketinggian air 15 cm dan Jalan Pegangsaan Dua (depan Apartemen Greenhill), Pegangsaan Dua, Kelapa Gading (Jakarta Utara) dengan ketinggian air 20 cm.

Jalan Kelapa Hibrida, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading (Jakarta Utara) dengan ketinggian air 20 cm dan Jalan Boulevard Barat, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading (Jakarta Utara) dengan ketinggian air 10 cm.

Jalan Agung Karya, Sungai Bambu, Tanjung Priok (Jakarta Utara) dengan ketinggian air 10 cm dan Jalan Gaya Motor II, Sungai Bambu, Tanjung Priok (Jakarta Utara) dengan ketinggian air 10 cm.

BPBD DKI mengupayakan agar genangan atau banjir itu, bisa surut secepatnya melalui penanganan petugas dari unsur Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI, Dinas Bina Marga DKI, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI.

Total ada 267 petugas penanggulangan bencana, atau tim reaksi cepat (TRC) yang bertugas di seluruh wilayah rawan banjir.

Berikut 25 kelurahan rawan banjir di Jakarta:

• Jakarta Barat berlokasi di Rawa Buaya, Tegal Alur, Kedoya Selatan, Kedoya Utara dan Kembangan Utara (lima kelurahan)

• Jakarta Selatan berlokasi di Cipete Utara, Petogogan, Cipulir, Pondok Pinang, Ulujami, Pondok Labu, Bangka, Pejaten Timur dan Jati Padang (sembilan kelurahan)

• Jakarta Timur berlokasi di Bidara Cina, Kampung Melayu, Cawang, Cililitan, Cipinang Melayu, Kebon Pala, Makasar dan Rambutan (delapan kelurahan)

• Jakarta Utara berlokasi di Pademangan Barat, Pluit, dan Rorotan (tiga kelurahan).