Prabowo Mengapresiasi Inisiatif Penghormatan terhadap Budaya Indonesia pada HUT Hendropriyono

Prabowo Mengapresiasi Inisiatif Penghormatan terhadap Budaya Indonesia pada HUT Hendropriyono

JAKARTA, Fraksigerindra.id — Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengapresiasi gagasan serta inisiatif luar biasa dari Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal TNI (Purn.) AM Hendropriyono yang pada hari ulang tahunnya meresmikan replika Istana Majapahit yang pernah ada di Jawa Timur pada tahun 1292 – 1526 M.

“Ini merupakan sebuah inisiatif, gagasan yang luar biasa dari Pak Hendropriyono,” ujar Prabowo ketika menghadiri acara peresmian replika Kraton Majapahit Jakarta di kawasan Cipayung, Jakarta, pada Selasa (7/5).

Prabowo menambahkan, acara tersebut menjadi lebih istimewa karena bertepatan dengan ulang tahun Hendropriyono. “Kebetulan hari ini juga ulang tahun Pak Hendro, saya bisa melihat bahwa Pak Hendro masih sehat,” kata Prabowo yang disambut tawa dari para tamu.

Pembangunan replika Istana Majapahit ini dianggap oleh Prabowo sebagai langkah untuk melestarikan budaya dan warisan Indonesia. “Ini sungguh luar biasa dan membanggakan. Kita harus menghormati dan menghargai budaya kita sendiri. Jika bukan kita yang menghormati budaya kita, siapa lagi yang akan melakukannya?,” ungkap Prabowo.

“Inilah cara kita untuk selalu menjaga dan menghormati budaya kita. Saya sangat kagum. Selamat dan teruslah berbuat yang luar biasa,” tambahnya.

Selain itu, Prabowo juga menandatangani prasasti untuk Kraton Majapahit yang berisi, “Replika Kraton Majapahit Jakarta ini merupakan Gelombang Kebangkitan Bangsa Indonesia di bidang Kebudayaan Demi Membangun Kepribadian Bangsa yang Berdaulat di Bidang Politik dan Mandiri di Bidang Ekonomi Nasional.”

Selanjutnya, Prabowo menerima cendera mata berupa patung Pangeran Diponegoro dari Hendropriyono. “Beliau ternyata penggemar Pangeran Diponegoro. Saya membuatkan patung Pangeran Diponegoro sebagai hadiah,” ujar Hendro dalam pidatonya.

Replika Kraton Majapahit dibangun sesuai dengan tata letak asli dari masa lalu, dengan skala kecil dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti Taman Madakaripura, Pendopo Maharaja Hayam Wuruk, Balairung Mahapatih Gajah Mada, dan Alun-Alun Wilwatikta.

Acara peresmian tersebut dihadiri oleh sejumlah purnawirawan TNI dan pejabat, antara lain Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno; Jenderal TNI (Purn) Wiranto; Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar; Ketua MPR RI Bambang Susatyo; Menko PMK Muhadjir Effendy; Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan; Menkominfo Budi Arie, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit P.; KSP Jenderal TNI (Purn) Moeldoko; serta Ketua LVRI Letjen TNI (Purn) HBL Mantiri.