Para Konglomerat Indonesia siap merasakan sensasi Como dengan meraih promosi ke Serie A pada tahun 2024 setelah masih berada di Liga Amatir pada tahun 2018.

Sekitar April 2019, Como 1907 mengalami kebangkitan besar-besaran yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yang kuat. Salah satu faktor utamanya adalah peran Indonesia dalam kepemilikan klub tersebut.

Hartono Bersaudara, pengusaha Indonesia yang memiliki keterkaitan dengan perusahaan seperti Djarum, BCA, dan layanan streaming Mola, memutuskan untuk membeli Como 1907. Sejak saat itu, Mola pun menjadi sponsor utama klub tersebut. Dengan kehadiran para pengusaha Indonesia ini, manajemen Como 1907 mulai mengalami perubahan besar. Utang-utang klub dilunasi dan struktur manajemen diperbaiki.

Tidak butuh waktu lama bagi Como 1907 untuk mencapai kesuksesan. Mereka berhasil promosi dari Serie D ke Serie C hanya dalam beberapa bulan. Bahkan, dua musim berikutnya, Como berhasil promosi ke Serie B.

Tidak hanya dari sisi prestasi di lapangan, Como 1907 juga berhasil mendapatkan perhatian dari penonton. Menurut laporan dari Telegraph, jumlah penonton yang hadir di stadion meningkat drastis dari rata-rata 400 orang menjadi 7000 penonton per pertandingan. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa dan menunjukkan dampak positif dari kepemilikan Indonesia dalam klub tersebut.

Source link