Uji Tabrak Chery Tiggo 8 Pro Max dari ANCAP Dapat Nilai Terbaik

Uji Tabrak Chery Tiggo 8 Pro Max dari ANCAP Dapat Nilai Terbaik

Hasil uji tabrak Chery Tiggo 8 Pro Max baru saja meraih peringkat tertinggi dalam pengujian keselamatan yang dilakukan pihak Australasian New Car Assessment Program (ANCAP).

Saat uji tabrak Chery Tiggo 8 Pro Max baik untuk sisi depan dan samping, serta melihat dampaknya terhadap penumpang dewasa, pengemudi, maupun penumpang anak-anak yang dilakukan ANCAP, SUV Premium dari Chery ini berhasil meraih skor 5 Bintang.

“Kami sangat bangga dengan pencapaian Lima Bintang ANCAP yang diberikan kepada Tiggo 8 Pro Max. Prestasi ini menunjukkan komitmen Chery terhadap keselamatan dan kualitas produk,” jelas Rifkie Setiawan, Head of Brand Department PT Chery Sales Indonesia, melalui keterangan tertulisnya.

Peringkat keamanan ANCAP yang diraih Tiggo 8 Pro Max di Australia tersebut memperlihatkan desain keselamatan yang menyeluruh. 

Sebagai SUV premium yang dibuat dengan teliti, Chery Tiggo 8 Pro Max memprioritaskan keselamatan sejak awal pengembangannya, dengan mengintegrasikan berbagai teknologi keselamatan terdepan.

“Kami selalu berusaha untuk menghadirkan produk-produk terbaik bagi para pengguna di Indonesia, dan Tiggo 8 Pro Max adalah buktinya,” tambah Rifkie.

Baca juga: Chery Omoda 5 EV dan Tiggo 8 Pro Max Bakal Jadi Lawan Berat SUV Jepang

Score Uji Tabrak Chery Tiggo 8 Pro Max dari ANCAP

uji tabrak chery tiggo 8 pro max

Nilai ANCAP

Berdasarkan keterangan resmi yang dirilis pihak Australasian New Car Assessment Program, saat dilakukan uji tabrak depan frontal mobil tersebut mampu memberikan perlindungan kepada bagian penting pengemudi dan penumpang depan dengan baik.

Struktur bagian depan mobil ini juga dinilai bisa memberikan risiko rendah saat uji tabrakan vehicle to vehicle dari arah depan.

Kemudian ketika melakukan tes tabrakan dengan metode Full Width Frontal, pengemudi dan penumpang depan juga mendapat perlindungan yang baik pada bagian dada, leher, hingga tulang belakang.

Boneka dummy anak-anak usia 10 tahun yang duduk di jok belakang juga memperlihatkan hasil perlindungan yang cukup baik ketika dilakukan test tabrakan Frontal Offset dan Side Impact Test.

Secara nilai, uji tabrak Chery Tiggo 8 Pro Max ini mendapat nilai 35.34 dari point maksimal 40 untuk uji perlindungan pengemudi dan penumpang depan.

uji tabrak chery tiggo 8 pro max

Hasil penilaian ANCAP Safety Rating

Kemudian kala melakukan pengujian untuk penumpang anak-anak, mobil ini mendapat score 42.74 dari nilai tertinggi 49.

Lantas pada saat efek uji tabrakan untuk pejalan kaki, mobil ini mendapat nilai 50.30 dari total tertinggi 63.

Terakhir untuk fitur safety secara keseluruhan, Tiggo 8 Pro Max mengumpulkan nilai 15.54 dari score tertinggi 18.

Adapun unit uji tabrak Chery Tiggo 8 Pro Max yang digunakan ada tiga varian, yaknio Urban, Elite, serta Ultimate yang semuanya menggunakan mesin bensin 2.000 cc.

Baca juga: Chery Tiggo 8 Pro dan Tiggo 7 Pro, SUV Paket Lengkap dengan Harga Menggoda

Fitur Keselamatan yang Melindungi

uji tabrak chery tiggo 8 pro max

Dapat nilai lima bintang ANCAP Safety Racing

Dibangun di atas platform T1X yang dikembangkan sendiri oleh Chery, Tiggo 8 Pro Max memiliki keunggulan dengan bobotnya yang ringan, kekakuan tinggi, dan karakteristik modular. 

Platform ini membuat Tiggo 8 Pro Max memiliki kekuatan dan stabilitas bodi yang luar biasa. 

Seluruh bagian kendaraan menggunakan baja kekuatan ultra-tinggi sehingga mampu menghadirkan kinerja kekakuan torsional hingga 21.000 Nm/deg.

Bodi rangka terintegrasi baja kekuatan tinggi generasi ketiga dikembangkan melalui lebih dari 100.000 eksperimen, mengoptimalkan struktur bodi dan memenuhi persyaratan material yang ketat.

Baja kekuatan tinggi ini mencakup lebih dari 60% dari bobot bodi kendaraan, dan desainnya menggunakan panel penguat terinspirasi bambu untuk meningkatkan integritas struktural.

Area-area penting, termasuk kabin, diperkuat dengan enam buah baja hot-formed kekuatan ultra-tinggi dari Benteler, yang selanjutnya meningkatkan ketahanan benturan.

Balok benturan depan menggunakan paduan aluminium penyerap energi tinggi yang menyeimbangkan antara penyerapan benturan, transmisi gaya, dan bobot ringan untuk melindungi penumpang saat terjadi tabrakan.

Desain dan teknik pembuatan yang cermat ini memastikan Tiggo 8 Pro Max memberikan keamanan tak tertandingi.

Dalam hal keselamatan aktif, Chery TIGGO 8 Pro Max dilengkapi dengan beberapa fitur ADAS level 2, termasuk pengereman darurat otomatis (AEB), Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist (LKA), Traffic Jam Assist (TJA), dan Integrated Cruise Assist (ICA). 

Sistem-sistem ini memberikan perlindungan keselamatan menyeluruh dalam berbagai skenario berkendara, sehingga meningkatkan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

uji tabrak chery tiggo 8 pro max

Seluruh struktur rangkanya terbuat dari baja berkualitas tinggi

ADAS sebagai sistem bantuan pengemudi yang canggih ini memastikan keselamatan berkendara dan meningkatkan kenyamanan, serta kemudahan Tiggo 8 Pro Max. 

Baik saat melintasi jalanan kota yang padat maupun melaju di jalan tol, Tiggo 8 Pro Max memanfaatkan sistem bantuan pengemudi cerdas yang canggih untuk memberikan perlindungan keselamatan menyeluruh, membuat setiap perjalanan lebih aman dan lancar.

Sistem restraint Tiggo 8 Pro Max juga menunjukkan keamanan luar biasa dengan sabuk pengaman pembatas gaya prategangan (pre-tensioned force-limiting) berjumlah empat buah.

Sabuk pengaman ini akan segera mengencang saat terjadi benturan untuk meminimalkan pergerakan penumpang dan mengurangi cedera.

Selain sabuk pengaman dengan pembatas gaya prategangan, unit Tiggo 8 Pro Max yang dikembangkan untuk pasar Australia dilengkapi dengan sepuluh airbag, yang memberikan perlindungan bagi penumpang dengan ukuran berbeda dan dalam berbagai skenario benturan. 

Di luar enam airbag tradisional, SUV ini juga memiliki airbag untuk bagian lutut pengemudi, airbag di bagian tengah kursi, dan airbag pada samping baris kedua.

Keempat airbag ini menawarkan perlindungan keselamatan multi-arah. Airbag lutut pengemudi akan mengurangi risiko cedera lutut saat benturan, airbag tengah kursi berfungsi untuk mencegah kontak antara pengemudi dan penumpang depan saat benturan samping.

Lalu airbag samping baris kedua memastikan perlindungan yang memadai untuk penumpang belakang saat benturan samping.

Pada airbag samping terdapat teknologi penahan tekanan selama enam detik yang mempertahankan tekanan airbag selama enam detik setelah mengembang.

Kondisi ini akan memberikan perlindungan berkelanjutan bagi penumpang dan memastikan lingkungan yang aman segera setelah benturan.

Baca juga: Segera Dirilis, Harga dan Spesifikasi Chery Tiggo 8 Pro PHEV Bisa Bikin Pusing Lawan-lawannya

Pernah Tampil di IIMS 2024

uji tabrak chery tiggo 8 pro max

Chery Tiggo 8 Pro Max saat tampil di IIMS 2024, Jakarta

Chery Indonesia sendiri sebenarnya pernah menampilkan unit Tiggo 8 Pro Max saat pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 pada Februari lalu di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Saat itu Qu Jizong selaku Presiden PT Chery Sales Indonesia dan Vice President Chery International menyebutkan jika Tiggo 8 Pro Max adalah model flagship SUV dari Chery yang menawarkan pengalaman berkendara dengan cita rasa premium.

“Tiggo 8 Pro Max kita akan luncurkan secepatnya,” ucap dia kala itu.

Nah sebelum resmi meluncur, ada baiknya kita intip dulu seperti apa spesifikasi Chery Tiggo 8 Pro Max ini.

Secara ukuran tubuh, ia tak jauh berbeda dengan Tiggo 8 Pro sebelumnya yang sudah lama dijual di Indonesia.

uji tabrak chery tiggo 8 pro max

Tubuhnya lebih panjang 50 mm dari Tiggo 8 Pro

Panjangnya 4.772 mm, lebar 1.860 mm, dengan tinggi 1.705 mm bandingkan dengan Tiggo 8 Pro, bedanya hanya Tiggo 8 Pro Max lebih panjang 50 mm, sementara lebar dan tinggi mobil ini masih sama persis.

Sementara jantung tenaga yang tersimpan di balik bonet adalah satu set mesin bensin 2.0-liter Gasoline Direct Injection Turbo.

Dikombinasikan transmisi otomatis DCT 7-speed dan sistem penggerak roda All Wheel Drive, SUV bongsor ini diklaim sanggup meletupkan tenaga hingga 250 PS dengan torsi 390 Nm, dan juga punya kemampuan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 8,5 detik.

Spesifikasi Chery Tiggo 8 Pro Max
Dimensi
Panjang 4.722 mm
Lebar 1.860 mm
Tinggi 1.705 mm
Jarak sumbu roda 2.710 mm
Jarak ke tanah 196 mm
Ukuran roda 235/55/ R18
Kapasitas tangki BBM 45 liter
Mesin
Tipe mesin 1.5 TGDI
Kapasitas silinder 1.496 cc
Jumlah silinder 4
Daya maksimum 25 PS
Torsi maksimum 390 Nm
Transmisi Otomatis DCT 7-percepatan
Sistem penmgegrak roda All Wheel Drive
Sasis
Suspensi depan MacPherson Strut
Suspensi belakang Multi link Independent
Rem depan Ventilated disc
Rem belakang Disc

Source link