Presiden Jokowi Mengundang Ridwan Kamil ke IKN, Tetapi Stafsus Kepresidenan Mengklarifikasi Perannya Hanya Sebagai Arsitek

Presiden Jokowi Mengundang Ridwan Kamil ke IKN, Tetapi Stafsus Kepresidenan Mengklarifikasi Perannya Hanya Sebagai Arsitek

Koordinator Staf Khusus Presiden RI AAGN Ari Dwipayana mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang khusus mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu, agar bisa memberikan masukan soal pembangunan sesuai kapasitas seorang arsitek.

“Pak Ridwan Kamil diundang khusus oleh Bapak Presiden untuk melihat langsung progres pembangunan IKN karena Kang Emil adalah seorang arsitek sehingga bisa (memberikan) masukan sesuai keahlian beliau,” kata Ari, Rabu (1/11).

Ridwan Kamil sebelumnya tampak duduk di jajaran depan bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM), Presiden Jokowi, dan para pejabat daerah saat seremoni groundbreaking Bandara Ibu Kota Nusantara, di Penajam Passer Utara, Kalimantan Timur.

Kang Emil duduk bersebelahan dengan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono. Kemudian di sebelah Bambang adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi pada Rabu ini dijadwalkan meninjau dan meletakkan batu pertama pembangunan (groundbreaking) sejumlah proyek infrastruktur di IKN.

Saat meresmikan groundbreaking Bandara IKN, Jokowi menargetkan bandara itu dapat beroperasi penuh pada 2024.

“Hari ini kita segera akan melakukan groundbreaking pembangunan Bandar Udara Ibu Kota Nusantara (IKN) yang ditargetkan akan beroperasi penuh pada Desember 2024,” tutur Jokowi.

Menurut Jokowi, pembangunan Bandara IKN ditargetkan selesai dan sudah dapat digunakan pada Juni 2024, namun resmi operasional pada Desember 2024.

“Kehadiran Bandara IKN, sangat penting seiring dengan padatnya kegiatan dan mobilitas orang, begitu juga barang dari dan menuju IKN,” tutup Presiden Jokowi.

Editor: Husnie