TNI AL Terus Membangun Kekuatan dengan Memperkuat Dua Pangkalan Angkatan Laut Baru

TNI AL Terus Membangun Kekuatan dengan Memperkuat Dua Pangkalan Angkatan Laut Baru

 

ASKARA – Dalam mengimplementasikan perencanaan strategis TNI AL dalam membangun kekuatan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) untuk mewujudkan kekuatan secara profesional, modern dan tangguh, TNI AL menambah kekuatan dengan membangun dua Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, Kamis (09/11).

Pangkalan Angkatan Laut yang berada di Samudera Hindia adalah Lanal Pacitan yang berada di bawah Lantamal V ini dibangun, bertujuan untuk mengembangkan potensi maritim wilayah pesisir pantai, mendorong pemberdayaan nelayan melalui pengamanan laut dan pengawasan keamanan, serta membangun pertahanan laut yang dimulai dari masyarakat maritim. Selain peresmian Lanal Pacitan, Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan juga mengukuhkan Mayor Laut (P) Dainuri Syamsuddin sebagai Komandan Lanal Pacitan yang pertama.

“Pangkalan TNI AL Pacitan bertugas melaksanakan dukungan operasi, dukungan logistik, dan administrasi serta dukungan khusus kepada satuan-satuan operasional TNI AL di wilayah kerja Lanal Pacitan serta menjaga keamanan dan melaksanakan penegakan hukum di laut sesuai wilayah kerjanya, pemberdayaan wilayah pertahanan laut menjadi kekuatan pertahanan negara di laut”, ujar Pangkoarmada II.

Selanjutnya juga diresmikan Lanal yang berada di Samudera Pasifik adalah Lanal Nabire. Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi mengatakan, letak wilayah kerja Lanal Nabire berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik yang merupakan salah satu jalur pelayaran nasional dan internasional, serta mencakup wilayah pesisir yang terletak pada dua Provinsi, yaitu Papua Barat dan Papua Tengah, maka tantangan  keamanan di wilayah ini kedepan akan semakin kompleks.

“Sejarah pembangunan Pos TNI AL (Posal) Nabire yang didirikan pada tahun 2005 di daerah Kampung Samabusa, Distrik Teluk Kimi, Kabupaten Nabire, adapun berdirinya Posal ini adalah keinginan dari masyarakat dan Bupati Nabire periode 2004-2009, yaitu Anselinus Petrus Youw, yang juga dilanjutkan oleh Isaias Douw, Bupati Nabire periode selanjutnya”, terang Pangkoarmada III.

Dalam kesempatan terpisah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan bahwa, peresmian ini merupakan implementasi nyata dari pembangunan pertahanan negara, serta merupakan wujud dari terjalinnya sinergitas TNI AL bersama dengan komponen pemerintah daerah dan institusi lainnya dengan sangat baik, Kasal juga berpesan agar di manapun prajurit TNI AL berada mampu memberikan manfaat pada masyarakat.