Partai Gerindra Prioritaskan Kader dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang Strategis

Partai Gerindra Prioritaskan Kader dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang Strategis

JAKARTA, Fraksigerindra.id — Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengkonfirmasi bahwa Partai Gerindra lebih memprioritaskan mengusung kader sendiri pada pilkada November 2024, terutama di daerah-daerah strategis. Keputusan ini sesuai dengan hasil rapat kerja nasional Partai Gerindra yang diselenggarakan pada bulan Januari 2024.

Dasco menjelaskan bahwa Partai Gerindra akan meninjau semua calon yang ada, namun saat ini masih menunggu keputusan dari Mahkamah Konstitusi terkait sengketa pemilihan presiden sebelum benar-benar fokus pada Pilkada.

Menurut Dasco, Gerindra akan memberikan prioritas kepada partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming dalam Pilkada DKI Jakarta. Dia juga menyatakan bahwa partainya akan mengkonsolidasikan dengan partai koalisi pilpres untuk membicarakan penunjukan calon gubernur dan melihat potensi dari calon yang sudah mulai mencuat.

Lebih lanjut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024. Pemungutan suara untuk memilih kepala daerah di seluruh Indonesia akan dilaksanakan pada 27 November 2024.